Tentang Lemak dan Asam Lemak

Asam lemak adalah asam-asam yang dijumpai sebagai komponen lemak. Mereka adalah anggota sebuah keluarga besar yang oleh orang-orang kimia disebut dengan asam karboksilat. Namun sebagai asam, asam-asam ini lemah sekali – tidak seperti asam sulfat misalnya, yakni asam sangat korosif dalam aki motor kalian.

Sebuah molekul asam lemak terdiri atas sebuah rantai panjang sampai enam belas atau delapan belas atom karbon (atau lebih), yang masing-masing membawa sepasang atom hidrogen. Dalam bahasa ilmiah, rantai ini terbentuk dari gugus-gugus CH2. Jika rantai tersebut memiliki gugus-gugus dengan hidrogen lengkap, asam lemaknya disebut jenuh (dengan hidrogen). Akan tetapi jika di suatu tempat ada sepasang hidrogen yang hilang, asam lemaknya disebut tak jenuh tunggal (monounsaturated). Jika dua pasang atom hidrogen atau lebih yang hilang, asam lemaknya disebut tak jenuh ganda (polyunsaturated). Sesungguhnya, sebuah atom hidrogen hilang masing-masing dari dua atom karbon yang bersebelahan.

Bebarapa asam lemak yang lazim adalah asam stearat (jenuh), asam olet (tak jenuh tunggal), asam linoleat dan linolenat (tak jenuh ganda)

Bagi orang kimia dan bagi tubuh kita pula, posisi pasti dari bagian tak jenuh (dalam bahasa ilmiah: memiliki ikatan rangkap) mempunyai arti sangat penting. Pernahkan Anda mendengar bahwa asam-asam lemak “omega-3” yang ditemukan dalam ikan berlemak memiliki peran dalam mencegah serangan jantung koroner dan stroke? Sesungguhnya, omega-3 adalah cara orang kimia mengatakan seberapa jauh letk gugus pertama yang kehilangan sepasang hidrogen (ikatan rangkap pertama) dari ujung molekul tak jenuh ganda: yakni tiga tempat dari ujung. Omega adalah huruf terakhir dalam abjad Yunani.

About Prasojo

Lahir di Lampung, menghabiskan 18 tahun masa kecil di antara sawah, gunung dan sekolah. Ditempa oleh kerasnya alam seiring berkembangnya tanaman Oryza sativa, Zea mays, dan Capsicum annum yang kami tanam di kebun belakang rumah. Menyeberangi selat sunda, melintasi lembah dan pegunungan pulau jawa untuk berguru di Universitas Seriboe Djendela. Menemukan cintanya di sela-sela riuhnya getaran elektron. Meski kini 110 km memisahkan kami, namun ikatan yg terjadi secara kuantum membuat kami akhirnya saling mengerti.
This entry was posted in chemistry. Bookmark the permalink.

2 Responses to Tentang Lemak dan Asam Lemak

  1. Nuraulia ulfa says:

    pak leli saya mau tanya,kalau buat uji antioksidan dengan metode asam tiobarbiturat (TBA),asam linoleat yg mana yg harus saya beli ?
    soalnya jenis kemurnian nya ada lumayan banyak klo d lihat dari produk sigma.

    terima kasih sebelumnya.

  2. Prasojo says:

    Dari beberapa literatur yg aku dapat, bahan yg dibutuhkan adalah α-tokoferol (Sigma),
    CuCl2 (Sigma) 2 mM, Asam tiobarbiturat (Sigma) 0,8 %, CH3COOH p.a (Bratacco) pH 3,6 16,6 %, Na2EDTA (Sigma) 2,98 %, NaOH (Bratacco) 1 N dan C2H5OH p.a. Plasma darah : Sampel plasma darah diambil dari orang sehat (sesuai rujukan dokter) berusia 20-39 tahun.
    Asal linoleatmu buat apa? Kalau memang dibutuhkan, pilih salah satu saja yg kualitasnya p.a.

Leave a comment