Convert Name to Structure

setelah succes menginstal ChemDraw 11 maka pada PC Anda akan tampak program baru yg bernama ChemBioOffice 2008 yg di dalamnya terdapat salah satunya adalah ChemDraw Ultra 11.0.
Klik ChemDraw Ultra 11 maka akan tampil jendela sebagai berikut:

Okay,, pelajaran pertama kita adalah mencoba menggambar struktur kimia menggunakan nama kimia atau nama lazim untuk suatu senyawa.

Misalnya kita ingin menggambar aseton (acetone), kita cukup menge-klik kanan pada layar putih dan memilih mode convert name to structure, kemudian menuliskan ACETONE dan OK atau enter.

maka selanjutnya akan tampil struktur aseton sebagaimana yang diminta;

CATATAN: untuk mendapatkan rumus kimia menggunakan nama kimianya maka kita harus mengetahui nama kimia (IUPAC) atau senyawa yg bersangkutan dalam bahasa Inggrisnya.

LATIHAN:

Gambarlah rumus kimia dari senyawa-senyawa seperti: acetaminophen, N-acetylparaaminophenol, salicylic acid, acetosal, benzene. Selamat mencoba…

About Prasojo

Lahir di Lampung, menghabiskan 18 tahun masa kecil di antara sawah, gunung dan sekolah. Ditempa oleh kerasnya alam seiring berkembangnya tanaman Oryza sativa, Zea mays, dan Capsicum annum yang kami tanam di kebun belakang rumah. Menyeberangi selat sunda, melintasi lembah dan pegunungan pulau jawa untuk berguru di Universitas Seriboe Djendela. Menemukan cintanya di sela-sela riuhnya getaran elektron. Meski kini 110 km memisahkan kami, namun ikatan yg terjadi secara kuantum membuat kami akhirnya saling mengerti.
This entry was posted in Computational Chemistry. Bookmark the permalink.

1 Response to Convert Name to Structure

  1. Pingback: ChemDraw | Leliprasojo's Blog

Leave a comment